Membedah Motor Listrik Victory Empulse TT 2016

0
Motor-listrik-victory-empulse-tt-13-1
Victory Empulse TT digerakkan oleh motor listrik AC induksi magnet permanen, motor menghasilkan 40,3 kW atau setara 54 daya kuda, torsinya 80,7 Nm. Foto: victory

Oregon(naikmotor)-Ketika Harley-Davidson masih mempertimbangkan untuk melanjutkan proyek Livewire, Polaris Industries mengambil kesempatan tersebut dengan menunjuk Victory Motorcycles memasuki era baru dengan menawarkan sepeda motor listrik pertamanya.

Apalagi setelah sepeda motor listrik mereka, Victory Brammo Empulse R menjadi yang tercepat untuk produk Amerika Serikat saat balapan Isle of Man TT Zero 2015.

Produk yang dinamai Victory Empulse TT memang bisa digunakan di jalanan umum, meski berbasis Brammo Empulse. Pembedanya hanya ban ukuran 160 sedangkan versi balapnya 180.

Seperti diketahui Brammo pabrikan sepeda motor listrik yang telah dimiliki oleh induk perusahaan Victory, Polaris Industries. Jadi memang memungkinkan jika pabrikan Indian dan Victory memproduksi sepeda motor listrik.

Victory Empulse TT digerakkan oleh motor listrik AC induksi magnet permanen, motor menghasilkan 40,3 kW atau setara 54 daya kuda, torsinya 80,7 Nm. Model balapnya bisa hingga 150 daya kuda.

Sumber listriknya dari baterai Brammo Power Li-ion 10,4 kWh. Charging baterainya butuh 3,9 jam sampai penuh jika dengan charger stage 2. Jika dengan stage 1 tetap butuh 8 jam. Model dilengkapi dengan charger built-in, dan bisa langsung dihubungkan dengan steker SAEJ1772 jaringan listrik rumahan.

Dengan baterai penuh dan sistem regenerative braking, Empulse bisa menempuh jarak rata-rata 91,2 km, jika pengendaraan di kota dan jalan bebas hambatan. Itu berdasarkan hasil uji Motorcycle Industries Council.

Tetapi jarak tempuh maksimumnya bisa 160km tentu jika pengendaraannya efisien dengan mode Eco. Empulse memang dilengkapi dua mode pengendaraan, mode Eco untuk harian dan Sport yang lebih boros baterai 20%. Dan kecepatan maksimumnya 160km/jam.

Berbeda dengan produk motor listrik lainnya, Empulse dilengkapi girboks 6 percepatan dan kopling multiplat. Memungkinkan pengendara merasakan potensi sepeda motor, dan saat bersamaan untuk efisiensi baterai. Sebab saat downshifting terjadi proses regeneratif daya.

Berbeda dengan motor bertransmisi manual, kopling hanya bermanfaat saat perpindahan gir. Selain itu posisi gir netral berada antara gir rasio kedua dan ketiga. Penggunaan gir ketiga pun tanpa harus menggunakan kopling, demikian seterusnya.

Sasis Empulse model twin spar. Perangkat remnya tidak main-main sebab dilengkapi dengan produk Brembo 4 port kaliper radial ganda, dengan cakram ukuran 310mm. Sedangkan peredaman bagian belakang yang bisa diatur dipercayakan kepada produk Sachs.

Pada panel instrumennya tampak layar LCD yang menunjukkan kecepatan, putaran motor, indikator gir, kondisi baterai dan perkiraan jarak tempuh.

Empulse TT akan mulai dipasarkan akhir 2015, dengan harga sekitar Rp268 juta di Amerika Serikat. Tak tertutup kemungkinan bisa dipasarkan secara global tergantung permintaan. Selain itu, tersedia pula berbagai aksesoris Genuine Victory, seperti garpu performa, frame slider, windscreen panjang atau pendek dan pannier. (Afid/nm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here